Komoditi Prioritas Riset Prodi Budidaya Perairan, FIKP, UMRAH

0
447

Program Studi Budidaya Perairan UMRAH memikili Visi Menjadi Program Studi Terkemuka dalam Pengembangan IPTEK Budidaya Laut di Indonesia Bagian Barat Pada Tahun 2025. Visi ini di jabarkan melalui beberapa langkah strategis yaitu

  1. Road Map Penelitian Program Studi Budidaya Perairan
  2. Program Riset Penelitian Mahasiswa
  3. Penentuan Komoditi Prioritas Riset.

Road map Penelitian di Program Studi Budidaya Perairan pada tahun 2025 yaitu MARIKULTUR BERORIENTASI PRODUK, BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BERKELANJUTAN. Road Map Penelitian ini menjadi arah dan pedoman Dosen, Mahasiswa untuk merencanakan, penentukan skema hibah penelitian dan pelaksanaana riset agar dapat sesuai arah Program Studi. Prestasi dalam Hibah Penelitian yang telah didapat sesuai road map adalah Hibah Dosen Pemula tahun 2016 dengan judul Pengaruh rekombinan Growth Hormone pada pakan Komersil terhadap Pertumbuhan Ikan Bawal Bintang. tahun 2017 seharusnya mendapatkan 2 hibah penelitian yaitu tentang Induksi Maturasi Ikan Bawal Bintang sebagai Upaya penyediaan Induk Siap Memijah  dan pengaruh rGH terhadap Kuda Laut serta 1 pengabdian masyarakat tentang kuda laut.

Program Riset Penelitian Mahasiswa dibagi menjadi 3 yaitu 1. Reproduksi dan Endocrinologi Ikan Laut 2. Nutrisi dan Kesehatan Ikan Laut dan 3. Teknologi dan Bioteknologi Marikultur. Program Riset ini menjadi pedoman pemetaan hasil riset mahasiswa setiap tahun sesuai bidang yang dipilih.

Komoditi Prioritas (Unggulan) di Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji diantaranya

  1. Kuda Laut
  2. Ikan Bawal Bintang,
  3. Siput Gonggong
  4. Kerapu
  5. Ikan Napoleon
  6. Kakap Putih
  7. Kakap Merah
  8. Ikan Hias Nemo
  9. Ikan Hias Lokal asli Kepulauan Riau
  10. Kepiting
  11. Rajungan
  12. Teripang
  13. Udang Kipas
  14. Sembilang
  15. Baronang
  16. ikan laut lokal

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar. Komoditi Prioritas (Unggulan) Riset Program Studi Budidaya Perairan

 

Komoditi yang menjadi fokus riset Program Studi Budidaya Perairan berdasarkan keinginan Program Studi untuk memajukan komoditi lokal Kepulauan Riau yang potensial dalam ranah penelitian baik dosen maupun mahasiswa yang aplikatif sehingga hasil riset dapat diterapkan di pembudidaya ikan Laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here