Home Blog

MONEV PKM Mahasiswa Prodi BDP

0

PKM merupakan wadah untuk menyalurkan pemikiran, ide kreatif dari mahasiswa yang dituangkan dalam penelitia, kewirausahaan, pengabdian, artikel ilmiah dll yang dapat melatih mahasiswa semakin kreatif.  mahasiswa Program studi Budidaya Perairan mendapatkan 1 proposal yang lolosa PKM Penelitian dari 3 proposal yang lolosa mahasiswa UMRAH. PKM penelitian yang dilakukan adalah tentang induksi hormon oodev untuk pematangan gonad ikan jantan Kakap Putih.  ketua PKM ini adalah saudara Yusuf dan Suhaili, Raka menjadi anggota.

TERAKREDITASI BAN PT B (POINT 331) PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN

0

Program Studi Budidaya Perairan akhirnya terakreditasi ditetapkan dengan nomor SK 

Buka Bersama HMJ BDP UMRAH

0

Sabtu malam minggu tanggal 27 Mei 2018, Himpunan Mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan mengadakan Buka Bersama yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Budidaya Perairan Bpk Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si, dan Dosen-dosen BDP diantaranya Tengku Said Razai, Muzahar, Henky Irawan. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh HMJ BDP dengan tujuan untuk mempererat talisilaturahmi antar mahasiswa dan dosen dibulan ramadhan serta sekaligus bedoa tuk berserah atas kerja keras dalam proses visitasi akreditas Prodi Budidaya Perairan yang dilakukan tanggal 25 Mei 2018 semoga diberikan hasil yang maksimal. amin. buka bersama juga dikuti oleh mahasiswan bdp lintas angkatan yang berjumlah sekitar 50 orang.

Juara 3 untuk TIM FUTSAL BDP

0

Futsal menjadi salah satu penyumbang piala di program studi budidaya perairan. kegiatan ekstrakulikuler juga menjadi perhatian program studi untuk menyeimbangkan antara kompetensi keilmuan dan hobby mahasiswa. tim futsal prodi budidaya perairan memperoleh juara 3 dalam kejuaran futsal yang diselenggarakan oleh HIMA IKL.

Merakit Keramba Jaring Apung Praktikum Sistem Teknologi Akuakultur

0

Matakuliah Sistem Teknologi AKuakultur merupakan matakuliah wajib di program studi Budidaya Perairan dengan beban 3 SKS. Praktikum yang dilakukan diantaranya mendesain keramba menggunakan sofware dan pembuatan keramba menggunakan pelampung galon.  Matakuliah ini di ampu oleh bapak Henky Irawan S,Pi, M.P, M.Sc. kegiatan ini dilakukan diperairan kawasan kampung Madong oleh angkatan 2016 dan sebagian 2015.

kompetensi yang ingin dcapai salah satunya adalah mahasiswa dapat mendesain, merencanakan, membuat, dan menerapkan pembuatan keramba jaring apung.

Praktikum Marikultur Prodi Budidaya Perairan di Kampung Madong

0

Program studi Budidaya Perairan, FIKP UMRAH. Praktikum merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setelah mendapatkan materi dikelas jika matakuliah tersebut memiliki bobot 3 sks. Praktikum juga akan berdampak pada peningkatan kompetensi keterampilan bagi mahasiswa. Hari minggu, tanggal 22 April 2018 saat yang lainnya berlibur mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan melakukan praktikum di Kampung Madong yang merupakan salah satu titik centra budidaya ikan laut yang dekat dengan kampus FIKP UMRAH senggarang.  Praktikum ini didampingin oleh Dosen Pengajar yaitu Tri Yulianto, S.Pi, M.PSDA dan Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si.

kegiatan praktikum kali ini melaksanakan praktik tentang

  1. cara melepas, mengangkat, memberishkan jaring yang telah lama,
  2. kemudian cara memasang jaring pada keramba jaring apung,
  3. cara pembersihan jaring dengan mesin penyemprot,
  4. pembersihan dinding pelampung,
  5. cara menjahit jaring yang lubang
  6. pengukuran kondisi kualitas air dilingkungan keramba budidaya

dengan adanya praktikum lapang langsung di pembudidaya maka mahasiswa akan lebih menjiwai bidang budidaya perairan termasuk akan meningkatkan keterampilan dengan sendirinya sebagai wujud menjawab tantangan dilapangan nantinya jika telah menjadi Sarjana Perikanan, mahasiswa juga akan diuji pada uji kompetensi untuk tahun 2019

created by Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si

Uji Kompetensi Mahasiswa Prodi Budidaya Perairan

0

BDP, FIKP, UMRAH, 13 April 2018. Program Studi Budidaya Perairan pada hari jumat melaksanakan Uji Kompetensi bidang Pembenihan Ikan untuk mahasiswa yang dilaksanakan dikampus Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Senggarang, Kota Tanjungpinang. Kegiatan ini di buka oleh Dekan FIKP yaitu Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan melakukan standarisasi kompetensi mahasiswa sesuai standar yang diakui nasional (BNSP) sehingga mahasiswa, lulusan dapat diterima bekerja diperusahaan yang bergerak dibidang budidaya/perikanan lebih mudah. kegiatan ini juga menjadi cikal bakal kedepannya untuk pembentukkan Tempat Uji Kompetensi Mandiri Budidaya Perairan FIK UMRAH. Kegiatan ini diikuti oleh 36 orang tetapi yang hadir untuk mengikuti uji kompetensi adalah 34 orang terdiri dari Mahasiswa semester akhir dan alumni.

Redaksi: Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si

Yudisium Lulusan Prodi BDP ke-2

0

Prodi BDP-2018. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji melaksanakan acara Yudisium Yang Ke-V pada hari  Rabu, 07 Maret 2018 yang bertempat di Arena Hipocampus FIKP. acara Yudisium di hadiri oleh Dekan FIKP yaitu Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi DEA, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Ketua Jurusan, Sekertaris Jurusan, Dosen-Dosen FIKP dan tenaga kependidikan.

Pelaksanaan yudisium ini dihadiri seluruh civitas akademika dan 54 yudisiawan/i yang terdiri dari empat program studi yaitu Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, Ilmu Kelautan dan Manajemen Sumber Daya Perairan. Program studi Budidaya Perairan meluluskan 3 mahasiswa yaitu Ibrahim Saputra, Yoga Tri Prastya, dan Anriyono. Dimana ke-3 lulusan telah dapat memakai gelar Sarjana Perikanan (S.Pi) dengan bukti Surat Keterangan Lulus (SKL).

Program Studi berharap dengan bertambahnya lulusan Program Studi Budidaya Perairan yang berkonsentrasi pada Budidaya Laut Tropikal (Marikultur) dapat memberikan sumbangan SDM yang baik untuk Kepulauan Riau dalam memaksimalkan Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Laut.

terima kasih

Program Studi Budidaya Perairan

12 Penghargaan di FIKP Award

0

 

Prodi Budidaya Perairan- 3 November 2017. FIKP Award adalah ajang pemberian penghargaan bagi setiap prestasi yang dicapai oleh dosen, mahasiswa, pejabat, tenaga kependidikan, kelompok binaan sesuai kategori yang ditentukan serta memperingati 10 tahun berdirinya Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Program Studi Budidaya Perairan mendapatkan 12 penghargaan yang disumbangkan oleh dosen, mahasiswa, dan kelompok binaan hibah pengabdian masyarakat.

penghargaan tersebut diantaranya:

1.Juara 1 Research grand fikp (Wiwin Kusuma AP)

2.Juara 3 Research grand fikp (Henky Irawan)

3.Kategori Dosen peneliti cemerlang (Wiwin Kusuma AP)

4.Kategori Dosen peneliti cemerlang (Henky Irawan)

5.Kategori PKM mahasiswa (Suhaili)

6.Kategori PKM mahasiswa (Susilayanti)

7.Kategori kelompok binaan kuda laut (Icip)

8.Dosen Pengabdian Masyarakat cemerlang (Henky dan Tri Yulianto)

9.Tenaga pendidik fikp 1 dekade cemerlang (Muzahar)

10.Dosen Mandiri Cemerlang (Henky Irawan)

11.Pejabat Kreatif dan Inovatif Cemerlang (T Said Razai)

12.Dosen Kreatif dan Inovatif Cemerlang (Henky Irawan)

atas prestasi tersebut menjadi awal yang baik untuk langkah kedepan dalam membangun program studi sesuai road map dalam meneliti dan tema pengabdian. FIKP Award juga diadakannya stand dari HMJ, Jurusan dan UKM di FIKP.

   

Perjuangan Tim Dragon Boat FIKP UMRAH

0

 

Prodi BDP, FIKP UMRAH – 21-22 Oktober 2017 Tim Dragon Boat FIKP UMRAH yang berisikan mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan dibawah HMJ BDP telah mengikuti kegiatan Dragon Boat skala Internasional yang di selenggarakan oleh Pemko Tanjungpinang. Tim tersebut berisikan 13 orang dan 1 pelatih. kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA, Rektor UMRAH Prof. Syafsir Akhlus, Ketua Program Studi BDP Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si, Ketua HMJ BDP, ketua BEM FIKP, BEM UMRAH.  Tim FIKP UMRAH mendapatkan peringkat 16. hal ini memicu tim untuk meningkatkan prestasi pada ajang Dragon Boat selanjutnya tahun depan,

BDP Update